pantai sawarna

#Sponsor Link Tilter
#Sponsor Link Tilter


Hub: Bpk. Adie Wisaldhy

0819-1128-3199/0857-9449-4446

Pantai Sawarna, ada yang pernah mendengar pantai ini? . Pantai Sawarna merupakan pantai di Banten Selatan. Pantai ini sering disebut-sebut sebagai Hidden Paradise. Letaknya yang jauh dan masih sangat alami ini menjadi pantai yang banyak direkomendasikan jika berada di Jawa Barat, Banten dan sekitarnya.

ciantir-beach-sawarna.jpg

Apa yang menarik dari Pantai Sawarna? Pantai ini memiliki pasir putih dengan garis pantainya yang panjang. Laut biru yang menghampar luas ditambah deburan ombak besar yang menarik dan menjadi tempat yang seru untuk surfing. Tak hanya itu, nuansa alam yang masih perawan bisa anda dapatkan di sini. Mulai dari udaranya, batu karangnya, hutan, dan sebagainya.
Pantai Sawarna ini terletak di daerah Lebak, Banten. Banyak jalan menuju pantai Sawarna. Berikut ini beberapa Tips yang semoga berguna untuk anda yang berencana melakukan perjalanan ke Pantai Sawarna.
  • Pilih transportasi yang tepat.
Pantai Sawarna merupakan pantai yang berada di ujung wilayah Banten. Untuk mencapai pantai ini butuh perjalanan yang sangat panjang. Tentu saja belum bisa ditempuh dengan menggunakan peswat terbang. Alternatifnya, pilih apakah ingin menggunakan kendaraan umum atau pribadi yang lebih baik motor.

Jika anda memilih menggunakan kendaraan pribadi, lebih disarankan dengan motor. Memang lebih melelahkan, tapi kondisi jalan dari menuju Pantai Sawarna dari mulai pintu masuk tidak memungkinkan. Biasanya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua. Jalurnya ada dua, bisa melalui Serang dan bisa melalui Pelabuhan Ratu. Jika dari Serang, anda melaju terus menuju Rangkas Bitung atau Pandeglang. Terus lajukan kendaraan sampai Gunung Kencana, Malimping, dan Bayah. Dari Bayah baru langsung lanjut menuju Sawarna.

Peta+Rute+Menuju+Sawarna.jpg

Perjalanan menggunakan kendaraan umum akan lebih rileks tentunya. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan sopir yang sudah biasa melalui jalur-jalur menuju Pantai Sawarna. Kendaraan umum dari Jakarta menuju Serang bisa menggunakan bus sampai Terminal Pakupatan. Harganya bisa Rp 20.000 hingga Rp 30.000, lupa. Dari sana, lanjut mobil Elf yang menuju ke Malimping atau ada mobil yang langsung menuju Bayah dengan harga yang kurang lebih sama. Namun mobil ini sangat jarang dan ada waktu tertentu. Setelah sampai di Malimping, Di sambung angkot menuju Bayah dan nanti dari Bayah menuju Sawarna anda bisa menggunakan angkot lagi seharga Rp 5.000 dan nantinya masuk menuju Pantai dengan ojek sekitar Rp 15.000 kurang lebih selama 30 menitan. Total lama perjalanan dari Jakarta sekitar 5 hingga 7 jam perjalanan kurang lebihnya.

  • Jangan satu hari
Jika berkunjung ke Pantai Sawarna, lebih baik lagi jika tidak hanya satu hari. Bukan hanya karena perjalanannya yang sangat penjang, tapi juga karena kurang puas jika hanya mengeksplorasi keindahan Sawarna dan pantai di sekitarnya hanya beberapa jam saja.

  • Lakukan perjalanan siang hari
Buat planning dan estimasi waktu kedatangan. Usahakan menuju Pantai Sawarna di siang hari. Karena jalan di sekitar sini gelap dengan cahaya yang minim. Belum lagi kondisi antara satu kampong dan lainnya yang berjauhan dan masih ada beberapa spot yang rawan. Apalagi jika memutuskan menggunakan kendaraan pribadi, beberapa jalan juga ada yang tidak mulus.

  • Isi Bensin
Jika menggunakan kendaraan pribadi, jangan lupa untuk mulai mengisi full bensin saat berada di Malimping. Karena jika sudah melewati Malimping, anda akan sulit menemukan pom bensin dengan jarak yang tentunya cukup jauh. Jadi jangan tunggu untuk mengisi bensin anda nanti-nanti. Jika bawa motor, bisa mengisi di botol sebagai cadangan.

  • Bawa uang cash secukupnya
Di Pantai Sawarna dan wilayah sekitarnya tidak ada ATM. Pastikan uang anda cukup sampai anda kembali pulang. Anda menemukan ATM terakhir di Malimping sebelum sampai ke Sawarna.

  • Pilih penginapan yang ada fasilitas makannya
Untuk warung yang menyediakan makanan berat di pantai ini masih jarang. Jadi, pastikan homestay yang anda tempati memang sudah memiliki fasilitas makan 3x dalam sehari. Jangan khawatir, homestay seperti itu di sini sudah banyak.

  • Berkunjung di Musim Panas
Yap, ke pantai memang paling pas jika musim panas. Ombak pantai Sawarna yang besar membuat pantai ini terkenal untuk surfingnya.

  • Mematuhi peraturan
Jangan membuang sampah semabarangan tidak berenang karena ombak besar adalah beberapa peraturan yang harus ditaati.

  • Jangan ragu menyewa Guide
Banyak spot yang menarik. Tanya penduduk sekitar atau minta guide untuk menemani anda mengeksplorasi spot lain di sekitar Pantai Sawarna yang lebih menantang dan lebih menakjubkan.

Nah, semoga tips-tips tersebut bermanfaat ya
 ref: forum.jalan2.com

0 comments:

Post a Comment